Pematangan Gonad Induk Ikan Lele

1.  Pematangan Gonad di Kolam Tanah

Untuk teknik pematangan gonad ikan lele di kolam tanah dapat dilakukan dengan cara: siapkan kolam ukuran 50 m2 yang telah dikeringkan selama 2-4 hari, isi air setinggi 50-70 cm, masukkan 300 ekor induk ikan lele dengan berat rata-rata 0,7-1,0 kg (induk jantan dan betina dipelihara terpisah). Setiap hari diberi pakan tambahan pelet untuk lele dumbo sebanyak + 3 % dari berat tubuh induk ikan lele yang dipelihara.

2.  Pematangan Gonad di Bak

Untuk pematangan gonad yang dilakukan di bak dapat dilakukan dengan cara: siapkan bak tembok dengan ukuran panjang 8m, lebar 4m dan tinggi 1m. Bak dikeringkan selama + 2-4 hari, kemudian isi air setinggi 80-100 cm dengan cara dialirkan secara terus menerus. Masukkan 100 ekor induk ikan lele (induk jantan dan betina dipelihara terpisah) dan beri pakan pelet sebanyak + 3 % setiap harinya.

Heru Susanto dalam bukunya yang berjudul “Teknik Kawin Suntik Ikan Ekonomis’ juga menyebutkan bahwa pada dasarnya, hipofisasi hanyalah merupakan salah satu diantara empat cara penanganan ovulasi atau pemijahan. Adapun empat macam cara penanganan ovulasi yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Penanganan lingkungan dapat merangsang pematangan akhir dari telur sebagai awal dari ovulasi atau pemijahan.
  2. Pemberian gonadotropin melalui suntikan ekstrak kelenjar hipofisa. Selain dari ikan, gonadotropin yang berasal dari mamalia dapat juga digunakan untuk pematangan gonad. Jenis gonadotropin yang juga banyak digunakan adalah HCG (Human Chorionic Gonadotropin) yang diekstrak dari urine orang hamil.
  3. Penanganan terhadap hormon yang merupakan penghubung antara hipotalamus dengan hipofisa. Dekapeptid LH-RH (Luteinizing Hormone-Releasing Hormone) sintetik telah dicoba terhadap beberapa jenis hewan peliharaan dan ternyata LH-RH dapat merangsang pemijahan ikan mola, big head, dan kowan.
  4. Pemberian seks steroid. Dalam proses pematangan akhir telah diketahui bahwa gonadotropin dapat merangsang biosintesis steroid 17 alpha – 20 beta dalam follicular envelope. Steroid ini berperan dalam mendorong pematangan akhir dari telur saja. Namun, ternyata masih sedikit yang berhasil menggunakan seks steroid untuk merangsang ovulasi.

Sumber: http://www.bisnishana.com/cara-pembibitan-ikan-lele-sangkuriang-sebagai-metamorfosis-ikan-lele-dumbo

Heru Susanto, 2002. Teknik Kawin Suntik Ikan Ekonomis. Jakarta: Penebar Swadaya.

About budidayaikan74

Kita tidak akan pernah mengerti bahasa ikan,,, tapi dengan adanya interaksi bersama mereka,,, kita akan mengerti karakter mereka...!!!
This entry was posted in Materi Ajar. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s